Minggu, 16 September 2012

Profil Dusun Wonokasihan Desa Sojokerto

Profil Desa SOJOKERTO, Kec. Leksono, Kab. Wonosobo.

Desa Sojokerto terletak diwilayah Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo dengan luas ± 215,367 Ha yang berada pada ketinggian 2.400 m diatas permukaan laut, suhu rata-rata 30⁰ Celsius dengan intensitas hujan sedang. Keadaan tanah Desa Sojokerto terdiri dari tanah datar/persawahan dan tanah perbukitan/tegalan. Oleh karenanya penduduk Desa Sojokerto sebagian besar mempunyai mata pencaharian sebagai petani baik petani penggarap, petani pengolah ataupun buruh tani.pertanian di Desa Sojokerto terdiri dari pertanian sawah dan tegalan/perkebunan. Lebih dari setengah luas tanah Desa Sojokerto dalah tanah sawah yang menghasilkan padi yang menjadikan surplus disetiap tahunnya dan menghasilkan beras yang berkuailita baik. Sungai serayu dan sungai Preng yang mengalir melewati Desa Sojokerto menjadi salah satu sumber pengairan persawahan, kolam ikan, mandi cuci dan lain-lain.

Wilayah Desa Sojokerto tebagi menjadi 3 dusun dan 1 pedukuhan yaitu Dusun Wonokasihan, Dusun Bangon, Dusun Sojokerto dan Dukuh Boto yang masih satu Kadus dengan Dusun Sojokerto, terdiri dari 35 RT dan 11 RW. Penduduk Desa Sojokerto pada tahun 2011 mencapai 4162 jiwa dan 1066 Kepala keluarga yang jumlah penduduk dan KK terbanyak di Dusun Wonokasihan hampir setengah dari penduduk Desa Sojokerto secara keseluruhan. Jarak dari ibukota Kecamatan 1 km, jarak dari ibukota Kabupaten ± 10 km yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 15 menit dan kondisi jalan yang baik.

sawah lahan pertania
Batas-batas wilayah :
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Selokromo
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Timbang
Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Besani dan Desa Leksono
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Gunung Tawang dan Desa Pakuncen Kecamatan Selomerto


Keberadaan Perpustakaan Gemilang Catur Sakti (PGCS) sebagai Perpustakaan Desa yang pada tahun 2012 ini berhasil meraih juara I tingkat Propinsi Jawa Tengah sebagai Perpustakaan terbaik sangat mendukung atas terbentuknya masyarakat yang gemar membaca sehingga secara langsung atau tidak langsung menjadikan masyarakat yang lebih cerdas dan berwawasan luas. Demikian juga dengan adanya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Catur Sakti yang tidak kalah penting dalam mewujudkan masyarakat yang berpendidikan dan berketrampilan. PKBM Catur Sakti Desa Sojokerto juga mena warkan berbagai kegiatan baik dalam bidang pendidikan maupun ketrampilan, dengan adanya program-program yang ditawarkan diantaranya Program Kursus, Program Kesetaraan dan Program Ketrampilan. PKBM Catur Sakti Desa Sojokerto dipimpin langsung oleh Kepala Dusun Wonokasihan yang sekaligus sebagai ketua PKBM se Kabupaten Wonosobo, karena PKBM Catur Sakti dan Perpustakaan Gemilang Catur Sakti berada di Dusun Wonokasihan. Dusun Wonokasihan Desa Sojokerto yang pada tahun 2011 juga diajukan sebagai Desa Vokasi oleh Gubernur Jawa Tengah yang mempunyai Program Pelatihan Perikanan, Otomotif, Peternakan, Menjahit serta Makanan ringan semakin menunjukkan diri sebagai Desa yang lebih maju dibanding desa-desa yang lain.

Kantor Desa Sojokerto terletak di Dusun Bangon pada tahun 2012 ini juga terpilih sebgai juara I tingkat Kabupaten dalam bidang Kearsipan yang oleh Kantor Kearsipan Kabupaten Wonosobo diajukan untuk mengikuti seleksi lomba Kearsipan Tingkat Propinsi Jawa Tengah dan berkat dukungan masyarakat Desa sojokerto bisa masuk rangking 6 besar.

sumber: loka media.com
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar